SEMARAK PEKAN BUDAYA 2018 FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Pekan Budaya adalah serangkaian acara yang diadakan oleh Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 23-26 April 2018, dengan diawali Kirab Budaya sebagai pembuka acara tersebut. Semarak Pekan Budaya 2018 disambut oleh berbagai kalangan dan mendapatkan respon positif dari beberapa pihak baik dosen, rektorat, dekanat dan seluruh jajaran organisasi mahasiswa serta kesungguhan para panitia juga partisipasi mahasiswa Fakultas Adab dan Ilmu Budaya menjadi latar belakang kesuksesan acara ini. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan, memperkuat juga sebagai pengimplementasian terhadap budaya-budaya Indonesia yang semakin hari semakin mengikis bahkan banyak dari kalangan masyarakat khususnya mahasiswa pada saat ini yang mulai meninggalkan kebudayaannya sendiri. Maka dari itu, adanya acara Pekan Budaya ini untuk diharapkan dapat kembali menghidupkan rasa kecintaan masyarakat terhadap budaya Indonesia. 
 
Rangkaian acara yang diadakan selama empat hari ini meliputi berbagai perlombaan yaitu lomba Futsal se-Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Klasifikasi antar mahasiswa Ilmu Perpustakaan, Lomba Debat Bahasa Arab se-JATENG DIY, Lomba Puisi Bahasa Indonesia se-Universitas, Speech Contest kategori SMA se-DIY, dan seminar Nasional yang diisi oleh Candra Malik dan M. Jadul Maula. Pekan Budaya kali ini mengusung tema besar yaitu “Kebudayaan Nusantara Sebagai Identitas dan Jati Diri Bangsa”. Kemeriahan Pekan Budaya 2018 ini   menjadi bukti bahwa partisipasi mahasiswa Adab sangatlah besar dalam acara ini. Inti dari serangkaian acara Pekan Budaya ini terdapat pada tanggal 26 April 2018, yaitu Malam Puncak Pekan Budaya yang dimeriahkan oleh beberapa komunitas, band serta kelompok-kelompok musik, teater, tari dan lain sebagainya. Pada Malam Puncak ini juga pengumuman pemenang dari berbagai perlombaan diumumkan. Dengan penuh suka cita dan rasa penasaran yang menggebu, para peserta lomba sangat antusias hadir dalam acara Malam Puncak Pekan Budaya ini. 

Ahsanu Taqwim selaku ketua panitia acara Pekan Budaya 2018 mengatakan bahwa acara ini  sangatlah tepat untuk menjadi wadah penjagaan dan pelestarian budaya Indonesia. Dan harapannya untuk ke depan adalah agar semua elemen mahasiswa Fakultas Adab dan Ilmu Budaya lebih dapat menjaga serta mengimplementasikan nilai-nilai budaya Indonesia. Selain itu, diharapkan pula para mahasiswa dapat berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kebudayaan salah satunya acara Pekan Budaya selanjutnya; karena Ahsanu Taqwim mengatakan bahwa acara Pekan Budaya ini bukan hanya milik sebagian kelompok tertentu saja, melainkan milik seluruh mahasiswa Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. “Semoga antusias mahasiswa Adab lebih menonjol”, sambungnya lagi.

Posting Komentar

0 Komentar