MAN 3 JOMBANG GELAR RIHLAH ILMIAH BERSAMA BSA UIN SUNAN KALIJAGA

MAN 3 Jombang, rihlah ilmiah, pondok pesantren darul ulum jawa timur, candi prambanan, bsa uinsuka
Oleh : Roiha dan Laila


MAN 3 Jombang yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jawa Timur merupakan salah satu sekolah yang menerapkan program rihlah ilmiah bagi kelas unggulan. Rihlah ilmiah merupakan sebuah perjalanan edukatif di luar kelas yang mampu memberikan suasana baru dalam belajar. Dalam program ini, para siswa dari kelas unggulan diajak berdarmawisata ke kawasan Candi Prambanan yang terletak di daerah Klaten.

Sigit, selaku koordinator program  unggulan MAN 3 Jombang memaparkan bahwa acara rihlah ini sebagai ajang ujian akhir bagi para siswa kelas unggulan. Kelas unggulan sendiri adalah program yang ditawarkan bagi siswa kelas X dan XI yang berada di program IPA dan IPS untuk bisa mendapatkan pembelajaran tambahan di bidang bahasa. “Kami berikan program tambahan bahasa Inggris untuk kelas X dan bahasa Arab untuk kelas XI,” paparnya saat diwawancarai di kawasan Prambanan (19/4)

Ia juga menjelaskan bahwa pemilihan Kota Yogyakarta sebagai tempat rihlah karena Yogyakarta merupakan kota pelajar dan kota wisata sehingga mudah menjumpai native speaker untuk praktik bahasa Inggris, sedangkan untuk pengembangan bahasa Arab pihak MAN 3 Jombang menggandeng para Mahasiswa BSA (Bahasa dan Sastra Arab) UIN Sunan Kalijaga yang diwakili oleh Mutoyyat dan Pengurus HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) BSA 2019 sebagai kakak pendamping.

Kegiatan berlangsung selama dua hari. Hari Jumat (19/4) dikhususkan bagi siswa putri dan hari Sabtu (20/4) untuk putra. Para siswa tampak antusias menyambut kedatangan kakak-kakak pendamping yang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan singkat terhadap jurusan BSA. Tidak lupa yel-yel penyemangat diserukan sebelum pembagian kelompok kecil untuk memudahkan para siswa dalam menghafal dan mempraktikkan mufrodat bersama kakak pendamping sehingga mampu melatih mental berbicara di depan umum.


Baca Juga:

Kebahagiaan Bagi Pecinta

Menilik Citra Perempuan dalam Syair Arab Jahiliah


Kegiatan ini merupakan kali kedua bagi MAN 3 Jombang setelah pengalaman tahun lalu mendapat respons positif dari pihak BSA UIN SUKA. Sigit, selaku perwakilan dari MAN 3 Jombang, berharap kerjasama ini mampu ditingkatkan seperti halnya kerjasama yang telah mereka lakukan dengan UIN Maliki Malang.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Itu MAN 3 apa MAN 2 ya? Seingat saya kalau MAN 2 itu Darul Ulum kalau MAN 3 Bahrul Ulum.. Hehe

    BalasHapus

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan