Alif Fair sebagai Persembahan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab dalam Peringatan Hari Bahasa Arab Internasional

Al-Bayaanaat.com- Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta gelar Alif Fair dalam rangka memperingati hari bahasa Arab internasional (18/12). Alif Fair berlangsung sejak tanggal 7-18 desember dengan tema “Eksistensi Bahasa Arab sebagai Media Kreatif Mahasiswa”. Kegiatan ini terdiri dari berbagai perlombaan yang dikonsep secara hybrid, salah satu cabang perlombaan yang dilaksanakan secara offline yaitu Putra dan Putri Bahasa, sedangkan cabang lomba yang lain dilaksanakan secara online.

Terdapat penambahan cabang lomba baru dalam alif fair seperti Musabaqoh Qira’atul Kutub dan Tarjamatul Ghina’. Pada lomba Tarjamatul Ghina', peserta diminta untuk menerjemahkan lagu ke dalam bahasa Arab sekaligus menyanyikan hasil terjemahan lagu tersebut pada puncak peringatan hari bahasa Arab internasional. Hal inilah yang menjadikan peringatan Hari Bahasa Arab kali ini lebih istimewa dibandingkan sebelumnya. 

Sesi akhir inagurasi event Alif Fair 

Puncak dari Alif Fair diselenggarakan di Ruang Teatrikal Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan diawali dengan stadium general yang bertemakan “Urgensi Hari Bahasa Arab Internasional” (18/12). Usai stadium general, dilanjutkan dengan Workshop Pelatihan Desain Grafis menggunakan aplikasi Figma yang dinarasumberi oleh Azka Purnama El Faatih. Aplikasi Figma dapat menjadikan proses editing layaknya sosial media berbasis gambar (prototype) yang dapat diedit oleh banyak orang di lokasi yang berbeda, para penggunanya pun dapat mengedit dan menambahkan komentar ketika proses editing berlangsung. Alif Fair ditutup dengan inagurasi serta pengumuman pemenang lomba-lomba yang diadakan.  (Nailul/Hidayati) 

Tim redaksi al-Bayaanaat menerima naskah tulisan berupa, opini, kajian bahasa dan sastra, cerpen, puisi, dan resensi buku. Tema bebas, disesuaikan dengan karakter albayaanaat.com sebagai media mahasiswa cendekia bernafaskan bahasa, sastra, dan budaya yang dapat dibaca oleh semua kalangan. Silahkan kirim karya tulis kalian ke email redaksi albayaanat.uinsuka@gmail.com dengan melampirkan biodata diri serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Untuk syarat dan ketentuan pengiriman naskah, silahkan klik kirim naksahTerimakasih. 

Posting Komentar

0 Komentar