Mahasiwa BSA Magang di Televisi, Kenapa Tidak?

albayaanaat.com- Kerja sama yang dijalin Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (Prodi BSA) dengan stasiun televisi lokal, ADiTV Yogyakarta mendapat angin segar. MoU yang diajukan oleh prodi BSA diterima dengan baik oleh pihak ADiTV dengan memberikan kesempatan magang khusus bagi mahasiswa BSA Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 

Dalam mencari kandidat peserta magang, Ening Herniti selaku Kaprodi BSA mengadakan audisi pada Selasa, 25 Januari 2022 pukul 09.00-11.00 di ruang teatrikal Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Objek sasaran audisi ini yaitu mahasiswa Prodi BSA yang masih aktif, sedangkan para dosen diundang sebagai juri untuk menyeleksi para kandidat peserta magang. Sekretaris Prodi BSA, Moh. Wakhid menyampaikan tujuan audisi magang ADiTV yaitu untuk menyeleksi mahasiswa Prodi BSA menjadi penyiar berita berbahasa Arab yang akan disiarkan oleh ADiTV. Ia menambahkan tujuan lain dari program ini yaitu untuk mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang akan dimulai dari angkatan 2020. 

Bagian magang yang diprioritaskan ADiTV yaitu news anchor (penyiar berita) dan voice over (pengisi suara) berbahasa Arab. Untuk keperluan konten berbahasa Arab ADiTV memerlukan mahasiswa yang akrab dengan bahasa dan dunia Arab. Oleh karena itu, ADiTV membidik mahasiswa BSA yang diharapkan mampu mengisi posisi penyiar berita dan pengisi suara bernarasi Arab. Pengumuman peserta yang lolos menunggu keputusan pihak ADiTV mengenai kuota dan siapa saja yang diterima. “Semoga Prodi  BSA dapat menjadi tempat yang baik untuk mengasah dan melejitkan mereka,” tutur Wakhid kepada al-Bayaanaat (25/01/22) melalui WhatsApp.

Lebih lanjut, Wakhid mengatakan antusias mahasiswa cukup tinggi yaitu mahasiswa yang mengajukan pertanyaan melalui WhatsApp terkait audisi magang. Namun, Wakhid juga memaklumi minimnya minat mahasiswa dengan adanya kendala audisi yang dilakukan secara luring, sementara sebagian besar mahasiswa masih di rumah. “Dari 500-an jumlah mahasiwa BSA hanya tiga belas mahasiswa yang mendaftar dan delapan yang ikut audisi,” tambahnya.  

Baca juga: Nuansa Haru Jatuhnya Mesir ke Tangan Napoleon dalam Drama Ad-Dūdah wa Ats-Tsu’bān

Delapan mahasiwa tersebut yaitu Muhammad Hasbi Fikri Salsabil, Ahmad Kamil Mukafi angkatan 2018, Dimas Rendi Agung, Tiyas Ayu Widiyawati angkatan 2019, Arina Afrochatul Husnia, Anna Rifatul, Humam Mutawakkil angkatan 2020 dan Renianti Anggita Kirana angkatan 2021. Audisi tersebut mengalami pengunduran selama satu minggu guna menjaring lebih banyak mahasiswa, hal ini dikutip dari Instagram Story akun @bsauinsuka pada Rabu, 19 Januari. Awalnya audisi akan dilaksanakan pada Rabu, 19 Januari 2022 kemudian berubah menjadi Selasa, 25 Januari 2022.

Total ada tujuh dosen yang menjadi juri pada audisi ini, antara lain Dr. Andi Holilullah, S. Pd. I., M. A., Abu Nasir, S. Ag., M. Pd. I., Dr. Nurain, M. Ag., Tika Fitriyah, M. Hum., Dr. Ening Herniti, M. Hum., Dr. Moh. Wakhid Hidayat, S. S, M. A., Nurul Leyly Rachmawati, Lc., M. Hum. 

Tiap peserta diwajibkan membaca berita berbahasa Arab yang disiapkan panitia. Humam Mutawakkil mahasiswa BSA angkatan 2020 tiba di fakultas sebelum jam 09.00, mahasiswa yang akrab dipanggil Humam itu bersemangat melatih bacaan yang akan ia presentasikan. Ia meneliti kembali bacaannya ketika berlatih baik dari segi harakat, intonasi dan dialek pembaca berita bahasa Arab. 

“Pas sebelum maju rasanya deg-degan banget, walaupun gak terlalu banyak pesertanya,” tutur Humam. “Awalnya tau audisi magang dari grup WhatsApp angkatan, saya tertarik ikut audisi, karena saya orangnya suka bicara, bicara depan publik maksudnya.” tambah Humam kepada al-Bayaanaat (26/01/22). Ia berharap audisi seperti ini perlu diadakan untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa BSA. (Rahmat/Hidayati)

Tim redaksi al-Bayaanaat menerima naskah tulisan berupa, opini, kajian bahasa dan sastra, cerpen, puisi, dan resensi buku. Tema bebas, disesuaikan dengan karakter albayaanaat.com sebagai media mahasiswa cendekia bernafaskan bahasa, sastra, dan budaya yang dapat dibaca oleh semua kalangan. Silahkan kirim karya tulis kalian ke email redaksi albayaanat.uinsuka@gmail.com dengan melampirkan biodata diri serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Untuk syarat dan ketentuan pengiriman naskah, silahkan klik kirim naksahTerimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar