BSA UIN SUNAN KALIJAGA GELAR LOMBA DEBAT BAHASA ARAB SE-JATENG DIY DALAM RANGKA MENGEKSISTENSIKAN BAHASA ARAB



Oleh: Anna Zakiah Derajat

Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (HMJ BSA) Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, untuk yang pertama kalinya mengadakan acara lomba Debat Bahasa Arab tingkat Jawa Tengah dalam acara Pekan Budaya 2018 di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya pada tanggal 25-26 April 2018. Acara yang berlangsung dua hari ini, dimaksudkan untuk membangkitkan dan menggiatkan kembali minat bahasa Arab khususnya pada mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab serta masyarakat Indonesia pada umumnya.
 

Acara ini juga dimaksudkan untuk pelatihan kepada mahasiswa BSA  UIN SUKA untuk menghadapi acara besar selanjutnya yang mulai dirancang dan dipersiapkan semaksimal mungkin oleh para pengurus HMJ BSA UIN SUKA. Kompetisi bahasa kini menjadi salah satu hal yang bergengsi di kalangan para mahasiswa, tidak terkecuali bahasa Arab. Lomba perdana yang diadakan ini cukup mendapatkan antusias yang baik dari beberapa universitas. Apresiasi  luar biasa inilah yang kemudian menyukseskan acara Lomba Debat Bahasa Arab se-JATENG DIY ini.

Pada kesempatan kali ini, ada 8 tim debat yang mengikuti perlombaan  yaitu delegasi dari UNS, UNSIQ, SPBA, Al-Motayat, dan UGM. Tema yang diusung dalam perlombaan ini secara spesifik lebih merujuk pada tema besar Pekan Budaya itu sendiri yaitu Kebudayaan Nusantara Sebagai Identitas dan Jati Diri Bangsa. Dalam perlombaan ini juga, pihak panitia memberikan apresiasi penghargaan kepada para  debater yang mendapatkan juara 1, 2, dan 3 berupa tropi dan uang tunai, serta kepada para Best Speaker.

Disampaikan Didi Manarul Hadi selaku Ketua HMJ BSA bahwa acara ini merupakan ajang pembelajaran untuk acara besar yang akan datang dan dipastikan akan berkelanjutan diadakan setiap tahunnya. Dengan adanya perlombaan ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh para pecinta bahasa Arab dengan banyaknya pembaharuan globalisasi yang mempengaruhi perkembangan bahasa Arab. Forum debat ini akan diharapkan mampu mengasah dan mengolah pemikiran peserta dalam pengambilan informasi, berpikir kritis, dan memunculkan solusi aktif. Sehingga nantinya mampu bersaing dalam kancah Internasional dengan kemampuan yang tidak lagi diragukan.

Lomba debat bahasa Arab yang diselenggarakan oleh HMJ BSA ini menjadi sarana untuk mengasah kemampuan dalam berbahasa Arab juga dapat dijadikan faktor untuk meningkatkan eksistensi bahasa Arab itu sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang istimewa di dunia ini bukan hanya sebagai bahasa peradaban melainkan juga sebagai bahasa persatuan umat Islam di dunia.

Posting Komentar

0 Komentar