MERIAHNYA PERINGATAN HARI BAHASA ARAB DI UIN SUNAN KALIJAGA

peringatan hari bahasa arab, mahasiswa, albayaanaat, uinsuka, hari bahasa, hari bahasa arab sedunia, belajar bahasa arab, kemah bahasa

“Menghadirkan nuansa dunia Arab di bumi nusantara melalui bahasa Arab” sebuah tema yang diungkapankan ketua himpunan mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab (BSA) yang berada di tengah hiruk pikuk peringatan hari Bahasa Arab sedunia di taman Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Lantunan musik Arab dengan tempo cepat, mengiringi rangkaian acara yang diadakan, salah satunya diantaranya pemilahan calon putara-puteri bahasa Arab yang tengah berjalan lengak lengok mengelilingi taman. Sesekali mahasiswa yang berada di sekeliling taman tertawa melihat kejadian tersebut. Sesekali pula mereka bertepuk tangan sambil bersorak menyebut namacalon putra-putri Bahasa Arab.

Senin 18 Desember 2017, waktu menunjukkan pukul 07.00, beberapa mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab sibuk mempersiapkan acara hari peringatan bahasa Arab sedunia, beberapa mahasiswa ada yang tengah memasang hasil karya kaligrafi di dinding fakultas, ada yang memasang foto para tokoh asal Arab, ada yang menghias panggung guna pementasan calon putera-puteri bahasa Arab, ada yang sekedar melihat, dan ada pula yang sekedar hilir mudik.

Peringatan hari bahasa Arab sedunia di UIN Sunan Kalijaga mengangkat tema “Menghadirkan Nuansa Arab di Bumi Nusantara melalui Bahasa Arab,” ujar Didi Manarul Hadi, ketua (HMJ BSA).  Konsep acara 2 hari 1 malam, yakni pada tanggal 17-18 Desember 2017. Rangkaian acara dimulai dengan kirab bahasa Arab di Tugu Yogyakarta, keesokan harinya dimulai dengan pemilihan putra-putri Bahasa Arab di taman Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, bazar buku bahasa dan sastra Arab, pameran kaligrafi dan syair al-mu’allaqat di dinding Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, talk show sastra Arab, dan malam apreasiasi sastra yang dimeriahkan oleh gambus Al-Jami’ah, Akuistik BSA, Hadroh JIM, dan Para penyair bahasa Arab. Acara ini menjadi acara tahunan bagi himpunan mahasiswa BSA di UIN Sunan Kalijaga.

Baca Juga:

Sajak Makna

Bahasa Indonesia Stadium 4 (Bagian Satu) 

Chariris dan Addmin mahasiswa BSA tampak berbincang-bincang di sudut taman, mengaku sangat senang menyambut hari bahasa Arab ini, “ acaranya bagus, meriah, rame, membantu mahasiswa bahasa Arab sekali, mahasiswa yang belum tau tokoh-tokoh Arab, makanan khas Arab, tempat yang bisa dikunjungi saat ziarah ke Arab, pokoknya semua pengetahuan tentang dunia Arab yang awalnya tidak tahu menjadi tahu,” mereka berdua juga menyampaikan harapan “ kami berharap untuk didatangkanya turis dalam acara seperti ini,” ujar keduanya.

Acara peringatan ini, selain menambah pengetahuan juga mengakrabkan antar sesama mahasiswa jurusan BSA, karena biasanya para mahasiswa sibuk di kelas masing-masing. ketua HMJ juga menambahkan “ acara ini sangat berguna sekali baik mahasiswa maupun bahasa Arab itu sendiri, pandangan sempit dari orang-orang tentang bahasa Arab bisa berubah, bahasa Arab telah diakui dunia sebagai bahasa Internasional, bahasa Arab adalah bahasa agama islam,” beliau juga berharap seluruh mahasiswa untuk mengikuti rangkaian acara dari awal hingga akhir.

Posting Komentar

0 Komentar