UIN Sunan Kalijaga Adakan “International Webinar Series Satu” dengan Mengundang Narasumber dari Fatih Sultan Mehmet Vakif University Turki


Albayaanaat.com - Webinar “International Webinar Series 1” ini diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada pukul 13.00-16.00 WIB, Senin (19/04) yang bertema Al-Ittijāhāt wa al-Manāhij fī Ta’līm al-Lughah al-Arabiyyah Līghairi al-Nāthiqīn bihā dengan narasumber Dr. Islam Yousri, seorang dosen dari Fatih Sultan Mehmet Vakif University Turki. 

Dr. Islam Yousri menyayangkan penelitian bahasa asing, khususnya objek kajian bahasa Arab lebih banyak menggunakan bahasa Inggris. Beliau menjelaskan pentingnya memahami bahasa Arab, Inggris dan bahasa ibunya bagi seorang peneliti. Menguasai bahasa Inggris tidak menjadi syarat wajib untuk digunakan dalam percapakan sehari-hari, tetapi bermanfaat ketika membaca teks penelitian atau karya-karya supaya kita mampu memahami point yang terkandung dalam teks tersebut.

Dr. Yousri menyampaikan pengertian dari kurikulum adalah tujuan, isi, metode pengajaran dan koreksi pendidikan. Beliau juga mengutip pengertian kurikulum, “Kurikulum dapat berupa referensi untuk mengatur konten isi menjadi skema pendidikan dan pengajaran, sehingga mencapai tujuan kurikulum. Kurikulum bermanfaat untuk menentukan tujuan dan sistem pembelajaran” (Richards, 2013).

Untuk dapat menguasai bahasa Arab Līghairi al-Nāthiqīn (bukan penutur arab asli), maka perlu menguasai kurikulum. Dr. Yousri juga mengutip pembelajaran dari ustaz Dr. Rasyid almarhum guru bahasa Arab Līghairi al-Nāthiqīn yang menjelaskan bahwa kurikulum sangat penting bagi peneliti, guru, atau komunitas yang mengadakan pelatihan seperti kursus. Beliau menambahkan kurikulum bukanlah buku, karena buku adalah media pembelajaran sedangkan kurikulum lebih tinggi dari buku karena mengatur penggunaan buku. 

Selain kurikulum, pengalaman dan latihan juga dapat menjadi pengetahuan dan kecerdasan yang memungkinkan mereka berbahasa Arab dan memahami kebudayaan Arab. Sebab, kebudayaan merupakan bagian penting dalam mempelajari bahasa. Kemudian, Dr. Mahmud Kamil al-Naqah, pengajar bahasa Arab Līghairi al-Nāthiqīn yang cukup terkenal juga melihat bukti-bukti  pengajar melalui anashir ta’līm (tujuan, isi/materi, metode, media dan evaluasi pembelajaran).

Dr. Yousri berharap pembelajar bahasa Arab dapat mengoptimalkan kosakata atau kalimat sederhana ke dalam bentuk yang berbeda. Sebagai contoh dalam penggunaan penggunaan shabāhul khair yang berarti “selamat pagi”, dapat digunakan pada konteks lain. “Saat ada mahasiswa terlambat kuliah aku mengucapkan shabāhul khair. Kali ini bukanlah ucapan lembut yang aku maksudkan, tapi isyarat ketika aku marah. Juga ketika ada mahasiswa yang bertanya suatu pertanyaan yang sudah aku jawab, aku ucapkan shabāhul khair karena tidur saat aku menjelaskan,” tambahnya. Dengan begitu setiap bagian dapat memiliki peran lebih banyak saat kita mau mengimprovisasi suatu hal yang berbeda. (Rahmat/Hidayati)

Tim redaksi al-Bayaanaat menerima naskah tulisan berupa, opini, kajian bahasa dan sastra, cerpen, puisi, dan resensi buku. Tema bebas, disesuaikan dengan karakter albayaanaat.com sebagai media mahasiswa cendekia bernafaskan bahasa, sastra, dan budaya yang dapat dibaca oleh semua kalangan. Silahkan kirim karya tulis kalian ke email redaksi albayaanat.uinsuka@gmail.com dengan melampirkan biodata diri serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Untuk syarat dan ketentuan pengiriman naskah, silahkan klik kirim naksahTerimakasih. 

Posting Komentar

0 Komentar