IPPBMM VIII Resmi Dibuka, Tuan Rumah UIN Sunan Kalijaga Jadi Sorotan


Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) VIII PTKIN se-Jawa dan Madura dilaksanakan pada tanggal 21-25 Juni 2021 dengan menggunakan konsep hybrid atau menggabungkan antara pertemuan tatap muka serta virtual. IPPBMM ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan berada di bawah naungan Ditjen Pendidikan Islam Kementrian Agama RI. Abdur Rozaki, Wakil Rektor 3 UIN Sunan Kalijaga menyampaikan, “IPPBMM awalnya akan dilaksanakan pada tahun 2020. Namun, dikarenakan adanya pandemi pelaksanaannya diundur menjadi 2021.”

Peserta yang tergabung dalam IPPBMM VIII berjumlah 18 kontingen, yang terdiri atas IAIN Kediri, IAIN Kudus, IAIN Madura, IAIN Pekalongan, IAIN Ponorogo, IAIN Salatiga, IAIN Cirebon, UIN K. H. Ahmad Shiddiq (sebelumnya IAIN Jember), UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri (sebelumnya IAIN Purwokerto), UIN Raden Mas Said (sebelumnya IAIN Surakarta), UIN Sayyid al-Rahmatullah (sebelumnya IAIN Tulungagung), UIN Maulana Malik Ibrahim, UIN Sultan Maulana Hasanuddin, UIN Sunan Ampel, UIN Sunan Gunung Djati, UIN Sunan Kalijaga, UIN Walisongo, dan UIN Syarif Hidayatullah.

Pembukaan IPPBMM VIII dilaksanakan secara tatap muka dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube UIN Sunan Kalijaga. Acara pembukaan berlangsung di gedung Multi Purpose UIN Sunan Kalijaga dengan menerapkan protokol kesehatan, dan dihadiri oleh para rektor PTKIN se-Jawa dan Madura serta Mentri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang bergabung secara virtual. Sambutan dari setiap Wakil Rektor 3 se-Jawa dan Madura ditampilkan dalam bentuk audio visual. 

Grand opening IPPBMM diselenggarakan secara meriah dengan menerapkan konsep Jawa, mulai dari kostum, properti hingga audio visual. Live streaming di kanal YouTube UIN Sunan Kalijaga dibanjiri ratusan komentar. Prof. Dr.Phil. Al Makin, S.Ag., M.A., rektor UIN Sunan Kalijaga turut mengenakan pakaian adat Jawa saat menyampaikan sambutan. Penyerahan bendera IPPBMM dan Piala bergilir diserahkan secara simbolis oleh perwakilan IAIN Pekalongan kepada Al Makin selaku rektor UIN Sunan Kalijaga. 

Menariknya Prof. H. Nizar. M. Ag. Sekretaris Jendral Kementrian Agama RI mendapatkan surprise dari Al Makin berupa lukisan dirinya yang digambar langsung oleh Al Makin. Abdur Rozaki berharap kompetisi IPPBMM kali ini dapat meningkatkan jiwa kreativitas mahasiswa di tengah pandemi sebagai bekal untuk meraih cita-cita.

(Rahmat/Hidayati)


Posting Komentar

0 Komentar