Profil “Salah Jurusan” sebagai Wajah Baru Prodi Bahasa dan Sastra Arab


albayaanaat.com - Company Profile sangat efektif sebagai sarana promosi suatu institusi. Di dalamnya terdapat uraian singkat kegiatan, media dan sarana apa saja yang ada dalam institusi tersebut hingga benefit apa yang akan diterima saat kita bergabung di institusi tersebut. 
Seperti halnya Program Studi Bahasa dan Satra Arab (Prodi BSA) yang baru saja membuat video profil yang dikemas dengan apik dan menarik. Hal itu dapat dilihat dari kegiatan prodi yang dibungkus dengan genre humor dan kekinian. Video yang berdurasi 21 menit 58 detik tersebut  mendapat respon positif dari berbagai pihak dan terbukti dalam 2 hari video tersebut telah dilihat lebih dari 2.200 orang dan disukai 413 warganet. “Udah kek bukan film buatan mahasiswa ini, komedi-komedinya gak nyangka,” ujar Iqbal mahasiswa UIN Semarang saat memberikan testimoninya.
Alur yang dikemas dalam video profil tersebut menampung aspirasi dan keresahan mahasiswa BSA yang ingin berproses tetapi bingung apa saja yang harus mereka pilih. Tiga aktor utama dalam video adalah Dimas (mahasiswa BSA 2019), Rizal (mahasiswa BSA 2019) dan Adel (mahasiswa 2021). Plot yang ditampilkan mengulas secara singkat empat organsasi BSA yaitu Al-Motayat (badan otonom yang fokus pada debat Bahasa Arab), al-Bayaanaat (badan otonom jurnalistik yang fokus pada kajian bahasa dan sastra), HMPS BSA UIN Jogja (organisasi mahasiswa BSA yang menaungi aspirasi seluruh mahasiswa BSA), terakhir ALIF (Arabic Language in Focus) merupakan lembaga yang mewadahi setiap angkatan. Hal ini diakui oleh Mahfudz Siddiq selaku mahasiswa BSA 2018 sekaligus sutradara, “Dampak positifnya ada yang terhibur dan mereka juga tahu di BSA itu ada al-Bayaanaat, Al-Motayat, HMPS, ALIF dan kegiatan semacamnya,” jelas Mahfudz pada al-Bayaanaat (13/01/22).
Adegan dilanjutkan dengan sesi wawancara lembaga-lembaga BSA, kecuali Al-Motayat karena komunitas ini menerima siapa saja yang ingin bergabung tanpa wawancara. Pada bagian wawancara diselipi unsur jenaka layaknya puisi berantai. Ening Herniti selaku Ketua Prodi BSA juga ikut andil dalam pembuatan video. Dalam perannya beliau menyampaikan ada banyak sekali kegiatan yang harus diikuti dan itu akan menambah pengalaman mahasiswa BSA. Ahsan Rosyid, mahasiswa magister BSA juga mengapresiasi video tersebut dengan transisi yang tidak terduga. “Transisinya gokil,” ujarnya pada al-Bayaanaat via Whatsapp (10/01/22).
Ending cerita sangat menghibur di mana wawancara dan percakapan yang terjadi adalah mimpi dan video pun berakhir. “Gak nyangka sama endingnya,” tulis akun Dhimas Putra pada kolom komentar YouTube. Video Profil “Salah Jurusan” ini disutradarai oleh Mahfudz Siddiq, dengan crew Khotibul Umam, Tiyas Ayu, dan Azka El Faatih sebagai produser yang dibantu oleh perwakilan mahasiswa BSA dari angkatan 2018, 2019, 2020 dan 2021. “Semua mahasiswa mulai dari angkatan 18 sampai 21 itu semuanya terlibat, ya berusaha sebisa mungkin menyatulah se-BSA,” tutur Mahfudz pada al-Bayaanaat (13/01/22). 
Mahfudz berharap dengan adanya video Profil BSA dapat menghibur, memotivasi mahasiswa lainnya dan membuktikan mahaiswa BSA dapat berkarya. “Ini lho, BSA bisa bikin filmnya,” sambungnya di akhir wawancara (13/01/22). Pendanaan project profil disponsori penuh oleh Program Studi Bahasa dan Sastra Arab. Dalam hal ini, keberagaman, perbedaan angkatan dan perkuliahan online yang membatasi interaksi satu dengan lainnya, melebur menjadi satu dengan tujuan yang sama yaitu memberikan yang terbaik untuk Prodi BSA. (Rahmat/Mifrah)

Posting Komentar

1 Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan