PENTINGNYA TOLERANSI



Wajar, jika sebagian orang melanutkan peralanan hidupnya karena terinspirasi dari berbagai pengalaman orang lain yang mana akan membentuk permulaan baru dalam hidupnya. Seperti yang kami temui di sebagian muslimah bercadar, juga memaparkan sedikit peralanannya setelah ia memutuskan untuk menggunakan cadar. Mulanya, ada keseukan dan ketentraman yang perlahan memenuhi iwanya setiap kali melihat kalangan muslimah bercadar lainnya. “Saya bercadar karena saya terinspirasi dari salah satu ukhti ketika saya baru masuk kuliah”, tegasnya. ketika ditanya alasan dan awal mula ia menggunakan cadar.

Dari pemaparan diatas, jelas bahwa kalangan perempuan bercadar bukan salah satu bentuk dari bagian orang yang menjadi bentuk gaya penipuan bahkan teroris seperti yang dipikirkan sebagian  masyarakat terkait orang bercadar seperti yang kita ketahui bahwa pandangan sebagian orang-orang terseebut telah mencekcoki pikiran orang lain sehingga menimbulkan maenset buruk terhadap orang-orang yang menggunakan cadar. Meskipun memang sebagian kelompok tertentu melakukan bentuk kejahatan dengan berlatarkan cadar yang tentu hal tersebut merusak citra para perempuan bercadar yang semata karena keinginan dirinya.

Banyak permulaan menggunakan cadar yang sebenarnya tidak mudah bagi mereka, seperti harus bentrok dengan orang tua karena tidak izin sebelumnya meskipun pada akhirnya orang tua tetap menuruti keputusan anaknya. Di berbagai kalangan juga berpendapat tentang maenset buruk bagi orang-orang bercadar yang membuat para orang tua resah jika anaknya dipandang sebagaimana yang orang-orang pikirkan, diledekin orang-orang terdekat bahkan ejekan yang menyesakkan ketika dibilang sok alim dan sebagainya.
           
Orang akan menjalani hidupnya ssesuai apa yang membuat ia nyaman. Begitu juga perempuan yang bercadar, ia merasa nyaman dengan keputusannya dengan menggunakan cadar kenyamanan adalah alasan mereka menggunakan cadar yang bermula dari apapun yang membuat ia ingin melakukannya, salah satunya adalah karena terinspirasi dari kehidupan orang lain.

           
Perlu ditegaskan bahwa cara hidup seseorang tidak serta merta karena tujuan merugikan orang lain dan cadar bukan pakaian yang selalu identik dengan orang yang mengganggu karena beberapa kejadian jelek yang menggunakan latar belakang orang bercadar.
           
Saling menghargai dan membuang pola pikir/cara pandang yang buruk merupakan alternatif dalam menjaga keharmonisan sesama dalam berbagai perbedaan. Harapannya, tidak saling menjelekkan antar sesama walaupun cara berpakaian berbeda.

Posting Komentar

0 Komentar