Dikemas Secara Virtual, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Sukses Gelar Pekan Budaya 2020

pekan budaya, fakultas adab dan ilmu budaya, sastra arab, sastra inggris, sejarah kebudayaan islam, ilmu perpustaakaan, albayaanaat, albayanat, uinsuka, albayanat.com,



Albayaanaat.com – Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (DEMA-F) Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali menggelar acara Pekan Budaya pada tahun 2020. Pekan Budaya sendiri merupakan program kerja tahunan DEMA-F Adab dan Ilmu Budaya yang bertujuan untuk pengoptimalisasikan Sumber Daya Manusia (SDM) secara berkelanjutan serta pengembangan disiplin ilmu yang selaras dengan  kebudayaan dan kearifan bangsa yang bernilai luhur.

Baca juga :
Mantap! HMPS Sastra Inggris UIN Sunan Kalijaga Jalin Kerja Sama dengan IAIN Madura

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini karena dalam masa pandemi Covid-19, DEMA-F Adab dan Ilmu Budaya menggelar acara Pekan Budaya secara virtual, yakni pada tanggal 15-18 Oktober 2020. Tema yang diusung kali ini adalah Integrasi Budaya Masa Kebiasaan Baru. Ringgal, selaku ketua DEMA-F Adab dan Ilmu Budaya sekaligus ketua Pekan Budaya tahun 2020, menyampaikan bahwa tujuan dari tema tersebut adalah agar seluruh mahasiswa tetap dapat berkreasi sebebas mungkin dengan kebudayaan dan dapat menjaga budaya, baik akademik maupun nusantara meski dalam masa kebiasaan baru pandemi Covid-19.


pekan budaya, fakultas adab dan ilmu budaya, sastra arab, sastra inggris, sejarah kebudayaan islam, ilmu perpustaakaan, albayaanaat, albayanat, uinsuka, albayanat.com



Adapun peserta yang mengikuti acara Pekan Budaya tahun ini datang dari berbagai instansi, diantaranya; dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Islam Bandung, Universitas Negeri Semarang, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, AMIKOM, Universitas Islam Lamongan, Poltekes Surabaya, Universitas Slamet Riyadi, dan lain sebagainya. Hanya dua cabang lomba saja yang dibuka pada acara Pekan Budaya tahun ini, yaitu lomba menulis esai dan lomba cover lagu daerah.

Selain itu, Pekan Budaya tahun ini juga mengadakan webinar dengan tema Pengembangan Sastra dan Budaya Pada Masa kini yang dinarasumberi langsung oleh Aguk Irawan, seorang sastrawan dan penulis, serta Ngatawi al-Zastrow yang merupakan Ketua Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) PBNU periode 2004-2015.


pekan budaya, fakultas adab dan ilmu budaya, sastra arab, sastra inggris, sejarah kebudayaan islam, ilmu perpustaakaan, albayaanaat, albayanat, uinsuka, albayanat.com



Meski digelar secara virtual, antusiasme peserta dan panitia dalam mengikuti serangkaian acara tersebut tak kalah semangat dari tahun-tahun sebelumnya yang diadakan secara langsung. Sebagaimana halnya pada saat acara webinar yang diadakan pada tanggal 18 Oktober 2020 diikuti oleh kurang lebih 200 orang mahasiswa lintas jurusan dan kampus. Acara webinar tersebut sekaligus menjadi penutup dari serangkaian acara Pekan Budaya tahun ini.

“Setiap mahasiswa terutama mahasiswa Fakultas Adab dan Ilmu Budaya harus memiliki pandangan untuk membanggakan almamater yang dipilihnya. Dengan adanya pandangan itu, diharapkan agar kelak terbangun ide-ide baru untuk ikut serta mengembangkan Fakultasnya. Salah satunya, yakni melalui pengadaan event-event nasional maupun internasional dan kedepan diharapkan agar Pekan Budaya dapat terlaksanakan lebih baik lagi serta bernilai meski dalam situasi apapun” ujar Ringgal saat ditemui di Bento Cafe (20/10).[]


Tim redaksi al-Bayaanaat menerima naskah tulisan berupa, opini, kajian bahasa dan sastra, cerpen, puisi, dan resensi buku. Tema bebas, disesuaikan dengan karakter albayaanaat.com sebagai media mahasiswa cendekia bernafaskan bahasa, sastra, dan budaya yang dapat dibaca oleh semua kalangan. Silahkan kirim karya tulis kalian ke email redaksi albayaanat.uinsuka@gmail.com dengan melampirkan biodata diri serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Untuk syarat dan ketentuan pengiriman naskah, silahkan klik kirim naksahTerimakasih. 

Posting Komentar

0 Komentar