Mahasiswa BSA Adakan Pembukaan Sukarabic Fest III Secara Virtual

sukarabic fest, sukarabic, uinsuka, bsa uin suka, uin sunan kalijaga, hmps bsa uin suka, albayaanaat, albayanat


Albayaanaat.com - Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (HMPS BSA) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta gelar acara Sukarabic Fest III. Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, acara Sukarabic Fest tetap diselenggarakan, walaupun secara virtual.

Sabtu, 17 Oktober 2020. Tepatnya pukul 08.11, pembukaan secara virtual dihadiri kurang lebih 200 peserta lomba Sukarabic Fest 2020. Pembukaan dilakukan dengan dua bahasa, yaitu bahasa Arab dan bahasa Indonesia dan dihadiri oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, bapak Sudjadi dan ketua program studi BSA ibu Ening Herniti serta beberapa dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Arab.

Baca Juga

Meskipun digelar secara virtual, namun semua rangkaian acara berlangsung lancar, termasuk penampilan Adab Dance Community yang juga ditampilkan secara online. Bapak Sudjadi memaparkan bahwa acara Sukarabic harus dijadikan wadah bagi mahasiswa BSA untuk meningkatkan kemampuan berbahasa mereka. Setiap mahasiswa BSA harus menguasai semua keilmuan yang telah mereka terima selama perkuliahan,  seperti pandai berbicara dalam bahasa Arab baik amiyah maupun fusha. Menurutnya, tema yang diusung kali ini Bahasa Arab yang Mapan, Ciptakan Generasi Berkemajuan merupakan tema yang sangat luar biasa, kata mapan sendiri merupakan manifestasi dari kualitas mahasiswa bahasa dan Sastra Arab dalam penguasaan ilmu bahasa Arab sehingga nantinya mampu meningkatkan eksistensi bahasa Arab menjadi bahasa yang lebih baik lagi.


sukarabic fest, albayaanaat, albayanat, uinsuka, hmps bsa, bsa uin suka



Jika pada tahun sebelumnya diadakan kirab mahasiswa setelah acara pembukaan, maka tahun ini langsung dilanjutkan dengan seminar kebahasaan yang menghadirkan dua narasumber hebat, yaitu bapak Dr. Nasruddin M.Ed, selaku dosen Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Ampel Surabaya dan bapak Dr. Faisol Fatawi M.Ag, selaku dosen Bahasa dan Sastra Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Adapun tema yang diusung pada seminar kali ini adalah "Urgensi Bahasa Arab dalam Pembentukan Karakter dan Peradaban Bangsa" yang dipandu oleh Bening Permata Dini, mahasiswi Prodi Bahasa dan Sastra Arab, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Seminar yang berlangsung selama tiga jam, mulai pukul 09.15 hingga 11.50 WIB ini terbilang sangat menarik. Walaupun setiap pemateri hanya diberikan waktu 30 menit dalam penyampaiannya, namun sesi diskusi sangatlah hidup. Terlihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk melalui kolom chatt dan penjelasan dari narasumber yang sangat cocok untuk masa saat ini berhasil memantik semangat para peserta seminar. Menariknya, panitia menyiapkan tiga hadiah berupa pulsa senilai 25.000 bagi penanya teraktif di acara ini. Sesi terakhir dalam rangkaian acara pada hari ini adalah foto virtual yang dipandu oleh panitia penyelenggara.

Baca Juga
Peran Sastra Arab di Bumi Nusantara, HMPS Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Adakan Webinar

"Acara Sukarabic kali ini merupakan sebuah inovasi baru dari mahasiswa BSA, walaupun acara sempat mundur satu bulan dari tahun sebelumnya, namun kami mengucapkan terima kasih atas semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara Sukarabic tahun ini. Saya mewakili teman-teman juga mohon maaf atas segala kekurangan dalam penyelenggaraan rangkaian acara Sukarabic dan semoga kedepannya bisa menjadi bahan evaluasi untuk menjadi lebih baik" tutur Vika Wafa selaku ketua HMPS BSA dalam sambutannya.[]


Tim redaksi al-Bayaanaat menerima naskah tulisan berupa, opini, kajian bahasa dan sastra, cerpen, puisi, dan resensi buku. Tema bebas, disesuaikan dengan karakter albayaanaat.com sebagai media mahasiswa cendekia bernafaskan bahasa, sastra, dan budaya yang dapat dibaca oleh semua kalangan. Silahkan kirim karya tulis kalian ke email redaksi albayaanat.uinsuka@gmail.com dengan melampirkan biodata diri serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Untuk syarat dan ketentuan pengiriman naskah, silahkan klik kirim naksahTerimakasih.  

Posting Komentar

0 Komentar