Gelar Workshop “Sharing and Coaching”, HMPS Bahasa dan Sastra Arab Tingkatkan Kualitas Internal Anggota



HMPS Bahasa dan Sastra Arab berhasil menyelenggarakan Sharing and Coaching untuk pertama kalinya pada pukul 09.30-11.30 (11/04) melalui platform Zoom. Tema yang diangkat kali ini adalah “Mengoptimalkan Potensi dan Meningkatkan Prestasi Internal HMPS BSA UIN Sunan Kalijaga”. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kualitas individu pengurus HMPS Bahasa dan Sastra Arab. Coach dalam workshop ini berasal dari Moslem Coach Community (MCC) yang merupakan komunitas pelatih berlisensi. 

Workshop dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama diawali dengan penjelasan dasar tentang pelatihan beserta metode yang digunakan. Alur percakapan pelatihan terbagi menjadi empat bagian yaitu Goal, Reality, Options, dan Way Forward (GROW). Goal dalam pelatihan ini berbicara mengenai hasil akhir yang akan dicapai. Reality membicarakan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan realitas. Options merupakan pilihan beberapa cara untuk mencapai tujuan. Sedangkan yang terakhir, Way Forward berarti rencana tindakan untuk mencapai tujuan.

Bentuk pelatihan yang diberikan dari coach kepada para peserta yaitu mendengarkan dengan hati, pikiran, emosi, dan tidak hanya melalui telinga. Utamanya mereka mendengarkan para audien terlepas dari judgement, asumsi dan asosiasi. Dalam karakter China digambarkan seperti karakter “Ting”, ada telinga, mata, hati, pikiran dan raja. “Kita memperlakukan para coaching seperti raja, kita dengarkan hingga titik, baru kita merespon,” jelas coach Warih.

Pada sesi kedua, peserta dan 12 coach yang tergabung dalam acara tersebut dibagi menjadi beberapa Zoom breakout room. Pembagian tersebut berdasarkan pada bidang keahlian para coach. Melalui breakout room, para coach memberikan pertanyaan berbobot kepada para peserta dengan tujuan untuk memprovokasi peserta agar mampu menyelesaikan suatu permasalahan. Dilanjutkan dengan sesi ketiga yaitu penutup beserta penyampaian kesan dan pesan dari peserta dan coach.

Dilatih langsung oleh coach berlisensi merupakan pengalaman berharga bagi para pengurus HMPS. Harapannya, para peserta dapat meningkatkan potensi diri untuk meraih prestasi pada masa depan. (Rahmat/Hidayati)

Tim redaksi al-Bayaanaat menerima naskah tulisan berupa, opini, kajian bahasa dan sastra, cerpen, puisi, dan resensi buku. Tema bebas, disesuaikan dengan karakter albayaanaat.com sebagai media mahasiswa cendekia bernafaskan bahasa, sastra, dan budaya yang dapat dibaca oleh semua kalangan. Silahkan kirim karya tulis kalian ke email redaksi albayaanat.uinsuka@gmail.com dengan melampirkan biodata diri serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Untuk syarat dan ketentuan pengiriman naskah, silahkan klik kirim naksahTerimakasih. 


Posting Komentar

1 Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan