Muktamar ITHLA IX Eratkan Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab


Al-Bayaanaat.com Ittihadu al-Thalabah al-Lughah al- ‘Arabiyyah (ITHLA) atau Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab se-Indonesia gelar Muktamar IX secara virtual. Tema yang diangkat pada Muktamar kali ini adalah “Transformasi Organisasi untuk ITHLA Berdikari”. Menerapkan konsep hybrid, muktamar ini digelar juga di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan jumlah patisipan mencapai 1300, baik secara virtual maupun tatap muka. Muktamar berlangsung selama dua hari pada 29-30 Juli 2021.

Grand opening dimeriahkan dengan sambutan dari beberapa tokoh penting, yaitu Ketua Umum DPP ITHLA, Nadya Zahrotul Jannah. Kemudian Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. H. Sumanta Hasyim, M. Ag, Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nasruddin Aziz, S.H., dan tidak ketinggalan ada Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama R.I., Prof. Dr. Ali Ramdani mewakili Menteri Agama yang berhalangan hadir. 


Nasruddin, selaku Wali Kota Cirebon dalam sambutannya berharap agar ITHLA dapat terus tumbuh dan berkembang. Kemudian dilanjutkan oleh Ali Ramdani yang mengapresiasi acara ITHLA. Dia berharap ITHLA dapat menjadi washatiyah dalam pengembangan dan perluasan bahasa Arab. Selain itu, dia juga menambahkan ada sekitar 460 juta masyarakat penutur bahasa Arab. Menurutnya, bahasa Arab adalah jendela dunia yang berperan sebagai instrumen promosi dialog kebudayaan dan pemeluk agama. Pada akhir sambutan dia berpesan, “ITHLA perlu menjunjung bahasa Arab sesusai dengan nilai kemahasiswaan dan kearifan lokal.” 

ITHLA dirintis pada tahun 2012 di Yogyakarta sebagai wadah untuk menaungi mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Sastra Arab, Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Dirasah Islamiyah (DI), dan Terjemah Bahasa Arab (TBA). Beberapa tahun terakhir ITHLA juga dihadiri oleh mahasiswa bahasa Arab dari luar negeri, seperti Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) yang berasal dari Malaysia. Hingga saat ini, ITHLA memiliki puluhan ribu anggota aktif yang tersebar di enam Dewan Pimpinan Wilayah (DPW)  dari 94 perguruan tinggi se-Indonesia. (Affandi/Hidayati)

Tim redaksi al-Bayaanaat menerima naskah tulisan berupa, opini, kajian bahasa dan sastra, cerpen, puisi, dan resensi buku. Tema bebas, disesuaikan dengan karakter albayaanaat.com sebagai media mahasiswa cendekia bernafaskan bahasa, sastra, dan budaya yang dapat dibaca oleh semua kalangan. Silahkan kirim karya tulis kalian ke email redaksi albayaanat.uinsuka@gmail.com dengan melampirkan biodata diri serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Untuk syarat dan ketentuan pengiriman naskah, silahkan klik kirim naksahTerimakasih. 



Posting Komentar

0 Komentar