“Meeting Muhammad” Hadir untuk Seseorang yang Sedang Rindu dengan Sosok Idola yang Sebenar-benarnya

 

Judul Buku          : Meeting Muhammad

Penulis          : Dr. Nizar Abazhah

Sumber Terjemahan : Fi Shuhbati al-Rasul saw .

Penerjemah          : Agus Suwandi

Penerbit                  : Rekombook

Original Published : Dar al-Fikr-Damaskus-Syiria, 2008

 Tahun Terbit : 2021

Jumlah Halaman         : 315

Nomor ISBN         : 978-623-98194-0-8 

Harga         : Rp149.000,-


            Muhammad menjadi potret dan sosok terbaik di muka bumi membuat kita berlomba-lomba meneladaninya. Ialah Rasulullah, insan yang lahir atas dasar cinta, manusia  terbaik yang diutus-Nya dengan segala keindahan yang ada dalam pribadinya. Keistimewaannya sebagai rasul serta sahajanya sebagai seorang insan membuat siapa saja  rindu akan kehadiran dan cinta yang terpatri dalam dirinya.

            Melalui buku ini kita akan mengenal lebih dekat dengan pribadinya. Mengenali sosok, fisik, watak dan karakternya. Menilik kehidupan sehari-harinya mulai dari kebutuhan fisik hingga pemenuhan diri terhadap rohaninya. Juga keajaiban-keajaiban yang kian dibawa olehnya. Siapa pun yang mengetahuinya akan menemukan alasan untuk lebih mencintai serta meneladani sosok dirinya. Terdapat tiga bagian utama yang ditulis oleh penulis untuk memaparkan sosok Nabi Muhammad saw. yaitu sebagai berikut.

            Bagian pertama membahas mengenai poin-poin utama penggambaran sosok Nabi Muhammad        saw. seperti nama, sifat, tugasnya sebagai nabi dan rasul terakhir di muka bumi ini, serta karakteristik fisik dan watak nabi, digambarkan pula bagaimana citraan Nabi Muhammad saw. yang terdapat dalam Alquran.

            Bagian kedua lebih lanjut menjelaskan tentang bagaimana nabi menjalani kehidupan sehari-harinya sebagai manusia biasa seperti makan, minum, tidur, bersih-bersih, kebiasaannya, bagaimana nabi berbusana, bagaimana nabi beribadah dan bagaimana nabi bergaul dengan istri-istrinya, para sahabatnya dan dengan orang lain di sekitarnya. Meskipun  bagian ini menjelaskan sisi Nabi Muhammad saw. sebagai manusia biasa pada umumnya, tetapi kita bisa melihat bahwa Nabi Muhammad saw. adalah manusia pilihan Allah dengan segala kelebihan karakternya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

            Bagian ketiga membahas mengenai mukjizat Nabi Muhammad saw. yaitu keistimewaan-keistimewaan yang diberikan kepadanya sebagai pengemban amanah terakhir kenabian. Mukjizat secara umum seperti keajaiban-keajaiban yang terjadi ketika nabi berdakwah di Makkah dan Madinah, peristiwa Isra Mikraj hingga mukjizatnya yang paling dahsyat yaitu Alquran. Selain itu, dalam buku ini juga terdapat mahfudzot dan petuah-petuah indah dari Nabi Muhammad  saw.

            Buku ini sangat cocok dibaca untuk umat muslim masa kini yang sedang rindu dengan sosok idola yang sebenar-benarnya, tetapi telah jauh gambaran mengenai beliau sehingga seakan-akan terlupakan. Buku ini juga sangat cocok bagi pembaca yang ingin mengawali bacaan mengenai sirah nabi karena topik-topiknya yang ringan, menarik dan dapat membuat pembaca penasaran serta timbul kebutuhan akan topik-topik lain yang lebih berat setelah membaca buku ini.

Kelebihan Buku

            Meskipun buku ini menceritakan tentang sejarah, bahasanya sangat ringan dan penuturan cerita yang mengalir membuat pembaca tidak bosan dan mengantuk saat membacanya karena seperti membaca novel. Gambaran tentang Rasulullah Muhammad saw. dalam buku ini juga sangat rinci dalam berbagai macam aspek ditambah adanya kisah-kisah menarik yang belum banyak diketahui dalam setiap bagian yang akan dipaparkan.

            Dalam buku ini juga ditampilkan sisi manusiawi dari Rasulullah seperti pernah lupa, pernah kesal dan sebagainya yang membuat pembaca bisa merasa lebih dekat dengan Rasulullah dan terbawa suasana membayangkan Rasulullah dalam kehidupan nyata.

Kekurangan Buku

            Terdapat beberapa kesalahan pengetikan dan ungkapan atau kalimat yang diulang-ulang dalam beberapa bab sekaligus. Pengulangan  kalimat mungkin ditujukan sebagai penguat, tetapi terkesan pemborosan kata karena tak jarang ungkapan yang diulang tersebut merupakan ungkapan yang panjang. Selain itu, masih ada beberapa pilihan kata yang sulit untuk dimengerti—mengingat buku ini adalah buku terjemahan.

Tentang Penulis   

            Dr. Nizar Abazhah lahir di Damaskus pada 1946. Selain bertahun-tahun belajar langsung kepada para ulama terkemuka Damaskus, ia juga meraih gelar sarjana sastra dari Universitas Damaskus dan magister di bidang yang sama dari Universitas Punjab, Lahore. Kemudian, ia berhasil menjadi doktor bidang sastra Arab kontemporer di Universitas Azerbaijan.

            Selain bidang sastra Arab, kepakarannya juga diakui dalam bidang sastra Prancis dan sejarah  Islam. Kini ia aktif menjadi penasihat kebudayaan Penerbit Dar al-Fikr, guru besar Sirah Nabawiyyah di Akademi al-Fath al-Islami, serta mengajar di berbagai perguruan tinggi di Syria. Ia telah menulis lebih dari empat puluh buku tentang sejarah, sastra (novel), buku-buku pengajaran bahasa Arab untuk orang-orang non-Arab dan buku-buku sirah Nabi Muhammad saw. Di antara karyanya yang telah diterjemahkan dan disambut meriah oleh pembaca tanah air  adalah Bilik-Bilik Cinta Muhammad, Sahabat Muhammad, Sejarah Madinah, Sahabat-Sahabat Cilik Rasulullah dan Perang Muhammad.

 Mutiara Imania Mediana, Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Tim redaksi al-Bayaanaat menerima naskah tulisan berupa, opini, kajian bahasa dan sastra, cerpen, puisi, dan resensi buku. Tema bebas, disesuaikan dengan karakter albayaanaat.com sebagai media mahasiswa cendekia bernafaskan bahasa, sastra, dan budaya yang dapat dibaca oleh semua kalangan. Silahkan kirim karya tulis kalian ke email redaksi albayaanat.uinsuka@gmail.com dengan melampirkan biodata diri serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Untuk syarat dan ketentuan pengiriman naskah, silahkan klik kirim naskahTerimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar