SUKARABIC FEST AJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI MAHASISWA BAHASA DAN SASTRA ARAB DI INDONESIA


                
Sukarabic Fest singkatan dari Sunan Kalijaga Arabic Festival merupakan lomba Bahasa Arab tingkat Nasional yang diselenggarakan perdana oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pada kesempatan kali ini, HMJ BSA UIN SUKA memiliki agenda besar yang dilaksanakan mulai tanggal 9 s.d 12 September 2018. Sukarabic Fest ini mengusung tema “Bahasa Arab Sebagai Khazanah Keilmuan dan Kesusastraan”. Acara besar ini diadakan dengan tujuan untuk menjadikan Bahasa Arab sebagai  kecintaan para penikmatnya, baik dalam  bidang keilmuan maupun kesusastraan.

Dalam acara  ini, pihak panitia sudah mempersiapkan dengan sepenuhnya untuk memaksimalkan acara perdana terbesar dan berharap dapat berkelanjutan setiap tahunnya. Perlombaan-perlombaan yang terkait dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori mahasiswa dan kategori santri. Perlombaan kategori mahasiswa  meliputi lomba Pidato Bahasa Arab, Debat Bahasa Arab, Puisi Bahasa Arab, Ghina Aroby, dan Esai Bahasa Arab. Sementara perlombaan kategori santri meliputi lomba Kaligrafi, MQK Alfiyah, dan Eksebisi Nadzm Alfiyah.  Tidak  hanya berbagai perlombaan di atas, Sukarabic Fest juga mengadakan serangkaian acara seperti Seminar Nasional dengan tema “Sastra dalam Perspektif Generasi Muda di Era Digital”. Seminar Nasional ini, dilaksanakan pada tanggal 10 September yang diisi oleh Acep Zamzam Noor dan Aguk Irawan sebagai pemateri dalam acara ini. Selain Seminar Nasional, Sukarabic Fest juga mengadakan acara Kirab Budaya yang diramaikan oleh seluruh peserta lomba, berbagai elemen mahasiswa BSA, serta jajaran dosen Fakultas Adab dan Ilmu Budaya pada tanggal 10 September pukul 10.00-12.00 WIB. Dari berbagai rangkaian acara tersebut, panitia Sukarabic Fest juga membuka Stand Bazar untuk umum dengan harga dan ketentuan yang telah ditentukan.


Baca Juga: 

Tindak Tutur Pengungkap Implikatur dalam Wacana Propaganda Politik

Sudut Bunyi

Semarak Pekan Budaya 2018 Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 
Sukarabic Fest bisa dikatakan  sukses untuk pencapaian baru di Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, mengapa tidak? Acara perdana ini banyak menuai energi positif terhadap lingkup kerja dan kreativitas  mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Harapannya, acara ini dapat berkelanjutan pada setiap tahun sebagai ajang perbaikan dan pembelajaran Bahasa Arab di kalangan mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab di  Indonesia.


Posting Komentar

0 Komentar